Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1
Filosofi Pendidikan Nasional Ki Hadjar Dewantara
Tugas 1.1.a.8 Koneksi Antar Materi
Syukur Alhamdulillah, saya mempunyai kesempatan mengikuti kegiatan guru penggerak angkatan 5, bersama guru-guru hebat di seluruh Indonesia yang bertujuan untuk :
Mengembangkan diri dan guru lain dengan refleksi, berbagi dan kolaborasi secara mandiri
Memiliki kematangan moral, emosi dan spiritual untuk berperilaku sesuai kode etik
Merencanakan, menjalankan, merefleksikan dan mengevaluasi pembelajaran yang berpusat pada murid dengan melibatkan orang tua
Berkolaborasi dengan orang tua dan komunitas untuk mengembangkan sekolah dan menumbuhkan kepemimpinan murid
Mengembangkan dan memimpin upaya mewujudkan visi sekolah yang berpihak pada murid dan relevan dengan kebutuhan komunitas di sekitar sekolah
Saya tergabung dikelompok 05.12.A1 Kelas E dengan pembimbing Ibu DESNIZA OSRA dan Pengajar Praktek Bapak Parmenas Sinaga. Berikut adalah beberapa dokumentasi kelompok 05.12.A1 Kelas E
Modul pertama yang dipelajari oleh guru penggerak adalah modul 1.1 Refleksi Filosofi Pendidikan Nasional Ki Hadjar Dewantara. modul ini menjelaskan tentang :
1. Asas Pendidikan Ki Hadjar Dewantara
2. Pendidikan yang "Menuntun"
3. Kodrat Alam dan Kodrat Zaman
4. Budi Pekerti
Setelah mempelajari modul 1.1 Refleksi Filosofi Pendidikan Nasional Ki Hadjar Dewantara.
Saya yang merupakan guru matematika, pada saat awal mengajar saya bertujuan minimal 70% siswa wajib menguasai materi matematika dengan cara belajar dengan sepenuh hati, siswa diwajibkan menguasai kemampuan menyelesaikan soal matematika ditandai dengan nilai matematika mencapai KKM. Setelah mempelajari Filosofi Pemikiran Ki Hajar Dewantara, saya memahami bahwa siswa memiliki minat yang berbeda, setidaknya siswa memahami materi dasar matematika untuk berpikir kritis, dan berpikir kreatif sehingga dapat berkolaborasi untuk menemukan pemecahan masalah.
Dengan demikian, guru dapat membimbing siswa untuk menemukan minat sesuai kodrat sesuai dengan kodrat dan alamnya sebagai manusia sehingga melestarikan peradaban dan kebudayaan yang berlaku tanpa mengejar target nilai semata.
Hal yang akan saya sesuaikan setelah mempelajari modul 1.1 Refleksi Filosofi Pendidikan Nasional Ki Hadjar Dewantara adalah kegiatan penilaian dalam kegiatan belajar mengajar, sebelumnya hanya kegiatan ulangan (tes tulis) sebagai referensi terbesar dalam penentuan hasil belajar siswa akan disesuaikan dengan penugasan project matematika yang dapat dibuat sesuai minat siswa seperti berupa artikel, ilustrasi, grafik, video, rekaman audio, Blog, dan bentuk lainnya sebagai presentase terbesar dalam penilaian
.jpg)
No comments:
Post a Comment